Serah Terima Jabatan Kepala BPMP Sulawesi Tengah

Palu, Senin 23 Mei 2022 Balai Penjaminan Mutu Pendidikan (BPMP) Provinsi Sulawesi Tengah melaksanakan acara Serah Terima Jabatan di gedung Polibu Utama. Kepala BPMP Provinsi Sulawesi Tengah Sinar Alam, S.Pd., M.Pd., yang sebelumnya menjabat sebagai Kepala LPMP/BPMP Provinsi Sulawesi Barat menggantikan H. Muhammad Askari, S.H., M.Si., yang telah menjabat kurang lebih selama enam tahun periode 2016 s.d. 2022 dan bertugas di tempat baru sebagai Kepala BPMP Provinsi Sulawesi Tenggara.

Sebelum acara serah terima jabatan dimulai, ditampilkan persembahan tari Pokambu yang mirip tari Peulu Cinde yang digelar oleh beberapa orang siswi dari SMP Negeri 1 Palu. Kesenian tari ini dimaksudkan untuk penghormatan Tamu Agung atau diartikan sebagai penyambutan tamu dengan tujuan agar para tamu diberi kesehatan dan keafiatan selama berada di kota Palu.

Acara dimulai dengan sambutan dari kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Sulawesi Tengah Yudiawati V. Windarusliana, SKM., M.Kes, dilanjutkan dengan pemberian cindera mata untuk kepala BPMP Provinsi Sulawesi Tenggara. Selanjutnya kegiatan dilanjutkan dengan pembacaan dan penandatanganan berita acara serah terima jabatan.

Acara sertijab dihadiri oleh Direktur Pendidikan Masyarakat dan Pendidikan Khusus Dirjen Paud Dikdasmen Dr. Samto, Kepala Disnas Pendidikan Provinsi Sulawesi Tengah, Kepala BPMP Provinsi Sulawesi  Tenggara dan beberapa Staf, Kasubbag Umum BPMP Provinsi Sulawesi Barat, para purna bakti dari BPMP Provinsi Sulawesi Tengah, dan undangan lainnya.

Dalam sambutannya Kepala BPMP Provinsi Provinsi Sulawesi Tengah Sinar Alam, S.Pd., M.Pd., menyampaikan bahwa “saya datang tidak membawa banyak kelebihan namun datang untuk belajar,  apa yang sudah dilakukan kepala LPMP/BPMP sebelumnya akan diteruskan dan ditingkatkan terutama sinergi dan kolaborasi yang sudah terjalin antara Dinas Pendidikan dan BPMP Provinsi Sulawesi Tengah”.

Beliau juga menyampaikan bahwa “hidup ini berada dalam tiga fase, kemarin, hari ini, dan esok. Kemarin adalah masa lalu yang tidak akan pernah bisa kembali, dan akan terus menjadi kenangan bagi kita semua. Sehingga apa yang sudah dilakukan oleh kepala sebelumnya akan terus dikenang dan menjadi hal yang terpatri dihati sanubari kita semua. Hari ini adalah proses peralihan dan mari kita jadikan tonggak sejarah untuk meningkatkan tekad dan semangat sehingga hari esok yang ingin dicapai dapat diraih dengan kebersamaan bersama seluruh staf dan stake holder pendidikan di Provinsi Sulawesi Tengah”.

Sinar Alam juga menceritakan bahwa “dalam bekerja selalu memegang pesan dari orang tua, bekerjalah dengan niat terbaik, karena bila bekerja dengan niat baik  energi yang dibutuhkan sama besarnya namun bila bekerja dengan niat terbaik maka kita tidak akan menyesali bila hasil tidak seperti yang diharapkan”.

Dikesempatan ini juga disampaikan satu pesan dari pepatah bugis, yaitu: melleki  tapada melle;  tapada mamminanga; tasiyallabuang  yang artinya  mari kita saling  menjalin hubungan baik supaya cita-cita yang kita harapkan dapat kita capai. Diakhir sambutannya, beliau berharap “agar mendapat  arahan bimbingan dan teguran bila ada perilaku dan hal-hal yg  kurang  berkenan untuk diingatkan sebagai keluarga besar BPMP Provinsi Sulawesi Tengah”.

Pada acara serah terima jabatan ini Ananda Aura Latisha Aquina siswi kelas 4 SD Negeri  Model Terpadu Madani Palu tampil menghibur dengan nyanyian Pelajar Pancasila. (Hestin Tsalistiani)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.