Merdeka Belajar Warnai Peringatan Hardiknas 2022 di BPMP Sulteng

Palu, Semangat Merdeka Belajar, menjadi tema sentral dalam sambutan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek) pada peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) 2 Mei 2022. Kurikulum merdeka kini telah diterapkan pada 140 ribu satuan pendidikan yang ada di Indonesia. Hal itu memberikan dampak positif kepada ratusan ribu anak di Indonesia yang saat ini belajar dengan menyenangkan dan memerdekakan. Anak-anak kita saat ini tidak lagi takut dengan tes kelulusan dengan adanya Asesmen Nasional (AN) yang digunakan tidak bertujuan ‘menghukum’ guru atau murid, tetapi sebagai bahan refleksi agar guru terdorong untuk terus belajar, agar kepala sekolah termotivasi untuk meningkatkan kualitas sekolahnya menjadi lebih inklusif dan bebas dari tiga dosa besar pendidikan.

Semua perubahan positif yang kita usung bersama ini tidak hanya dirasakan oleh para orang tua, guru dan murid di Indonesia, tetapi sudah digunakan sampai di negara-negara lain melalui presidensi Indonesia pada Konfrensi Tingkat Tinggi (KTT) G20. Tahun ini kita membuktikan diri bahwa kita tidak hanya menjadi pengikut, tetapi pemimpin dari gerakan pemulihan dunia. Petikan sambutan tersebut, disampaikan secara langsung oleh Sinar Alam, S.Pd., M.Pd, Kepala Balai Penjaminan Mutu Pendidikan (BPMP) Provinsi Sulawesi Tengah, pada Upacara peringatan Hardiknas tahun 2022, yang digelar di halaman kantor BPMP Provinsi Sulawesi Tengah, Jumat (13/5/22).

“Langkah kita hari ini sudah semakin serentak, laju kita sudah semakin cepat. Namun kita belum sampai di garis akhir. Maka, tidak ada alasan untuk berhenti bergerak meski sejenak. Kedepan masih akan ada angin yang kencang dan ombak yang jauh lebih besar, serta rintangan yang jauh lebih tinggi. Dan kita akan terus memegang komando, memimpin pemulihan bersama, bergerak untuk merdeka belajar” tutup Sinar, mengakhiri sambutan

Upacara peringatan Hardiknas ini merupakan yang pertama kalinya digelar secara luring di BPMP Provinsi Sulawesi Tengah, dalam kurun waktu dua tahun terakhir. Hal itu sejak adanya pandemi Covid19, gelaran peringatan hari besar baik upacara maupun apel dilakukan secara daring. Namun demikian,pada gelarannya, upacara berlangsung secara baik dan hikmat, dan tetap mematuhi protokol kesehatan. Upacara diikuti oleh seluruh jajaran pegawai BPMP Provinsi Sulawesi Tengah, dengan mengenakan pakaian adat tradisional. Bertindak sebagai Pembina Upacara, Kepala BPMP Provinsi Sulawesi Tengah, Sinar Alam, S.Pd., M.Pd dan upacara dipimpin langsung oleh Ardin, S.E., M.E., Kepala Subbagian Tata Usaha BPMP Provinsi Sulteng. Setelah pelaksanaan Upacara, para peserta mengabadikan momen Hardiknas 2022, dengan melakukan foto bersama. (Ananda Riski Rioeh)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.