Bimbingan Teknis Peningkatan Kompetensi Anggota SPI Secara Daring

Palu, Jumat 8 Oktober 2021, Sekretariat Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan teknologi melaksanakan kegiatan Bimbingan Teknis Penguatan Pengawasan dan Peran SPI dalam Reformasi Birokrasi secara Daring.

Kegiatan ini diikuti oleh 34 LPMP termasuk LPMP Provinsi Sulawasi Tengah serta 29 PP/BP Paud dan Dikmas. H. Muhammad Askari sebagai Kepala LPMP Provinsi Sulawesi Tengah menginstruksikan kepada seluruh anggota SPI untuk ikut serta dalam kegiatan tersebut. Tujuan kegiatan ini untuk meningkatkan kompetensi anggota tim Satuan Pengawasan Internal (SPI) pada masing-masing satuan kerja.

Rahmat Fitriadi dari BPKP sebagai pembicara pada kagiatan ini menyampaikan materi Pengawasan atas Kas, Kepegawaian dan Aset, serta Peran Tim SPI pada Kinerja Satuan Kerja. Salah satu yang beliau sampaikan adalah three lines of Defence, di mana dalam suatu organisasi terdapat 3 lapis pertahanan yaitu 1. Management, 2. Risk Management dan Compliance 3. Internal Audit. SPI sendiri dalam hal ini berada pada pertahanan lapis kedua. Materi selanjutnya mengenai aplikasi-aplikasi yang digunakan oleh keuangan serta aplikasi pengawasan SPI dalam bentuk mobile yang disampaikan oleh Bapak Indra Wijaya dari Tim Pengembang IT Keuangan Setditjen Paud Dikdasmen. Dengan adanya berbagai kemudahan dan aplikasi-aplikasi ini ke depannya diharapkan akan memudahkan anggota SPI dalam melakukan pengawasan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *