MERANGKUL SEMUA UNTUK MAJU BERSAMA

Kisah Agen Perubahan Batch 3
(HERIWANTY – Widyaprada Muda)

Aktif adalah salah satu nilai organisasi yang dianut di LPMP Sulawesi Tengah. Terlibat aktif kami terjemahkan sebagai “senantiasa berpartisipasi dalam setiap kegiatan”. Berangkat dari pengertian tersebut, kami semua berharap bahwa kami membangun ZI WBK di LPMP Sulawesi Tengah secara bersama-sama. Setiap pegawai harus berpartisipasi untuk memajukan lembaga ini.
Sebagai agen perubahan sekaligus sebagai asesor internal di lembaga ini, saya melihat masih ada pegawai yang belum terbeban dengan pembangunan ZI WBK. Masih ada pegawai yang berpandangan bahwa ZI WBK itu hanya urusan pimpinan dan sebagian orang. Mereka merasa tidak perlu terlibat di dalamnya.
Untuk melihat keterlibatan semua pegawai, saya telah melakukan pemetaan keterlibatan pegawai melalui tim-tim yang telah dibentuk untuk mendukung pencapaian target setiap arena perubahan. Pemetaan tersebut menghasilkan informasi bahwa dari sejumlah tim yang telah dibentuk, masih ada area yang tidak memiliki tim pndukung, yakni area penataan sistem manajemen sumber daya manusia padahal area ini memiliki bobot yang cukup besar, yakni 15% dari 60% bobot komponen pengungkit. Area ini perlu tim pendukung yang dapat mencapai target. Selain itu, berdasarkan pemetaan juga diperoleh informasi bahwa tim-tim yang sudah dibentuk tidak melibatkan semua pegawai. Masih banyak pegawai yang tidak tercantum dalam surat keputusan sebagai anggota suatu tim.
Untuk memecahkan kedua masalah tersebut, telah dilakukan rapat peninjauan kembali tim-tim yang sudah terbentuk dan mengidentifikasi tim-tim apa saja yang dibutuhkan untuk mendukung ZI WBK. Sebagai agen perubahan, saya mengusulkan untuk membentuk tim monitoring dan evaluasi yang berada di bawah area penguatan tatalaksana, tim pengembangan SDM dan Komite Pertimbangan Etik di bawah area manajemen sistem SDM, dan tim pengelolaan keamanan, kebersihan, keindahan, kenyamanan dan kerapian (5K) di bawah area manajemen perubahan. Penentuan anggota tim berdasarkan uraian jabatan dan pegawai lain yang dianggap mampu.
Dengan terbentuknya tim-tim untuk mendukung semua area, TIDAK ADA LAGI pegawai yang tidak terlibat dalam pembangunan ZI WBK di LPMP Sulawesi Tengah. LPMP Sulawesi Tengah adalah satu tubuh yang terdiri atas berbagai anggota tubuh. Anggota tubuh adalah semua pegawai yang memiliki fungsi yang berbeda-beda, namun saling melengkapi layaknya tangan yang tidak boleh mengatakan bahwa dia lebih penting dari kaki atau mata yang tidak boleh mengatakan bahwa dia lebih penting dari telinga. Setiap pegawai harus menyadari bahwa dia sangat dibutuhkan untuk membangun organisasi ke arah yang lebih baik. Setiap pegawai harus meyakinkan dirinya bahwa mereka semua adalah tim yang harus bekerja sesuai peran masing-masing untuk menghasilkan kinerja yang optimal.
Saya ingin menutup kisah ini dengan sebuah quote “Perubahan tidak akan pernah terjadi jika kita terus menunggu waktu dan orang yang tepat”.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *