BIMTEK PENERAPAN PEMBELAJARAN BERBASIS MULTIMEDIA DAN WEB BAGI GURU SMA DAN SMK

Rabu tanggal 11 Maret 2020, LPMP Sulawesi Tengah melaksanakan kegiatan Bimbingan Teknis Penerapan Pembelajaran berbasis Multimedia dan Web jenjang SMA dan SMK. Kegiatan ini dilaksanakan selama empat hari dimulai dari tanggal 11 s.d. 14 Maret 2020.

Kegiatan bimtek ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi para peserta dalam menerapkan pembelajaran yang memanfaatkan teknologi multimedia dan web di satuan pendidikan.

Peserta pada kegiatan ini sebanyak 40 orang dari tenaga pendidik pada jenjang SMA dan SMK yang ada di Kota Palu, Kabupaten Sigi, dan Kabupaten Donggala.

Kepala LPMP Sulawesi Tengah, H. Muhammad Askari, S.H., M. Si., secara resmi membuka kegiatan ini di Gedung Polibu Utama. Dalam sambutannya kepala LPMP mengingatkan kepada peserta bahwa kesiapan peserta dalam hal ini para guru untuk menghadapi era revolusi industri 4.0 sangat diharapkan. Kenyataan dilapangan menunjukkan bahwa masih banyak guru yang belum memanfaatkan media pembelajaran dalam melaksanakan proses pembelajaran secara maksimal terutama memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi. Ditambahkannya pula bahwa masih ada guru masih berpikiran tradisional sehingga belum memandang perlu mengitegrasikan TIK dalam pembelajaran.

Narasumber pada kegiatan ini adalah Kepala LPMP Sulawesi Tengah, PTP dari Pusat Data dan Informasi Kemdikbud, PTP dan Widyaiswara LPMP Sulawesi Tengah, Duta Rumah Belajar.

Materi yang diberikan pada pelatihan ini adalah: 1) peran guru dalam meningkatkan capaian standar nasional pendidikan di Sulawesi Tengah pada Era Re volusi Industri 4.0; 2) pemanfaatan augmented dan virtual reality pada portal rumah belajar; 3) model pembelajaran inovatif: pemanfaatan virtual class pada portal rumah belajar; 4) pengembangan bahan ajar menggunakan aplikasi berbasis android; 5) pengenalan, perancangan, produksi, dan pasca produksiĀ  video pembelajaran; 6) pemanfaatan socrative untuk ujian online; 7) pengolahan hasil ujian peserta didik dengan ZIPgrade; 8) pengembangan web sekolah dengan wordpress; dan 9) implementasi kebijakan merdeka belajar. Marnih Malkab

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *