Bimtek Dapodik “Sosialisasi Formulir, Prosedur, dan Aplikasi Dapodik 2022”

Palu, 28 Maret 2022. LPMP Provinsi Sulawesi Tengah melaksanakan kegiatan Bimtek Dapodik  “Sosialisasi Formulir dan Prosedur Aplikasi Dapodik 2022” di Aula Banua Todea. Kegiatan ini dilaksanakan selama tiga hari, mulai tanggal 28 s.d. 30 Maret 2022. Sasaran kegiatan bimtek sebanyak 30 orang yang terdiri atas: Penanggung jawab Dapodik bidang Dikdas dan PAUD Dinas Pendidikan Kab/kota dan Penanggung jawab Dapodik di Dinas Pendidikan Provinsi dan Cabang Dinas Pendidikan Menengah.

Kegiatan Bimtek Dapodik  yang difokuskan pada Sosialisasi Formulir, Prosedur, dan Aplikasi Dapodik 2022 ini bertujuan untuk memberikan pemahaman dan menyamakan persepsi terkait formulir, prosedur, dan aplikasi Dapodik 2022.

Kegiatan secara resmi dibuka oleh Kepala LPMP Provinsi Sulawesi Tengah, yang dalam hal ini diwakili oleh  bapak Dr. H. Manna, M. Pd. Dalam sambutannya disampaikan bahwa “LPMP melaksanakan bimtek Dapodik dengan harapan adanya persamaan persepsi dengan dinas pendidikan terkait dengan kebijakan yang baru, sehingga dapat memberikan data pendidikan khususnya di Sulawesi Tengah yang akurat dan berkualitas. Setiap tahun kami selalu bersinergi dengan pemerintah daerah, dengan mengundang teman-teman dari daerah, agar output dari kegiatan ini kami harapkan akan memberikan dampak positif bagi pendidikan di daerah”. Ditegaskan pula bahwa “Dapodik saat ini tidak lagi dijadikan data untuk internal di pendidikan saja, melainkan Dapodik digunakan di luar pendidikan sebagai dasar pengambilan kebijakan untuk membangun, baik itu pendidikan maupun sektor lainnya”.

Narasumber pada kegiatan Sosialisasi Formulir, Prosedur, dan Aplikasi Dapodik 2022 adalah Setditjen PAUD Dikdasmen, Dinas Pendidikan Provinsi, dan LPMP Provinsi Sulawesi Tengah.

Diharapkan dari kegiatan ini adalah meningkatnya pemahaman penanggung jawab pendataan di provinsi/kab/kota terkait dengan prosedur pada aplikasi Dapodik tahun 2022 yang berimplikasi pada penigkatan kualitas Dapodik di satuan pendidikan yang akurat, valid, dan mutakhir sesuai dengan kondisi dan keadaan yang sebenarnya di sekolah.    Marnih Malkab & Ananda RN

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.