Pengaduan Masyarakat

Salah satu bentuk layanan publik pemerintah yaitu Layanan Pengaduan, yang merupakan tempat/wadah bagi masyarakat untuk mengutarakan keluhan/pengaduan, aspirasi, maupun apresiasi terhadap kinerja Pegawai LPMP khususnya, dan Bangsa Indonesia pada umumnya. Penanganan pengaduan yang efektif dan memberikan penyelesaian bagi masyarakat, berkontribusi secara langsung terhadap perbaikan tata kelola pemerintahan yang baik dan memperkuat fungsi pelayanan publik.

Pengawasan pelayanan publik melalui pengaduan masyarakat juga dapat mencegah terjadinya tindak pidana korupsi, mengurangi potensi konflik sehingga membantu terciptanya rasa aman di tengah-tengah masyarakat. Sistem penanganan pengaduan selain sebagai penyalur kepentingan masyarakat juga memiliki aspek pemberdayaan. Tersedianya layanan pengaduan masyarakat mendorong masyarakat untuk memahami haknya dan kemudian dapat mengajukan keluhan atau laporan ketika haknya dilanggar.

Pengaduan adalah bentuk penerapan dari pengawasan masyarakat yang disampaikan kepada aparatur LPMP Provinsi Sulawesi Tengah, berupa sumbang pikiran, saran, gagasan, dan keluhan.

Bentuk pengaduan

a. Bersifat pengawasan, biasanya mengakibatkan kerugian masyarakat/negara dalam rangka penyelenggaraan pemerintahan umum, pembangunan dan pelayanan masyarakat, dengan ciri-ciri:
1. Mengandung hambatan dalam pelayanan
2. Mengandung korupsi, kolusi, dan nepotisme
3. Mengandung pelanggaran disiplin pegawai.

b. Tidak bersifat pengawasan, sebagai upaya perbaikan penyelenggaraan pemerintahan, pembangunan, dan pelayanan masyarakat, dengan ciri-ciri:
1. Mengandung informasi kedaruratan
2. Mengandung kritik, saran, keluhan
3. Pertanyaan yang konstruktif.

Saluran pengaduan

a. Pengaduan yang bersifat pengawasan (ditindaklanjuti oleh SPI LPMP Provinsi Sulawesi Tengah), melalui:
1. Laman SPI LPMP Sulteng: https://spilpmpsulteng.com/pengaduan-masyarakat/
2. Aplikasi SP4N Lapor: www.lapor.go.id
3. Kotak Pengaduan di ULT LPMP Provinsi Sulaesi Tengah
4. Sms/WA ke nomor 0811451908

b. Pengaduan tidak bersifat pengawasan, melalui:
1. Datang langsung ke ULT LPMP Provinsi Sulaesi Tengah
2. Sms/WA ke nomor 0811451908
3. Portal ULT: https://sites.google.com/view/ultlpmpsulteng/layanan-ult?authuser=0

Unsur-Unsur Pengaduan

Pengaduan paling sedikit memperhatikan unsur 4 W + 1H, yaitu:
1. WHAT : apa perbuatan berindikasi pelanggaran yang diketahui
2. WHERE: di mana perbuatan dilakukan
3. WHEN : kapan perbuatan tersebut dilakukan
4. WHO: siapa saja yang terlibat dalam perbuatan tersebut
5. HOW : bagaimana perbuatan tersebut dilakukan (modus, cara, dan sebagainya)

Masyarakat dapat menyampaikan pengaduan adanya dugaan pelanggaran terhadap pelayanan yang diberikan oleh pegawai LPMP Provinsi Sulawesi Tengah, tim pengaduan/layanan siap menindaklanjuti laporan/pengaduan yang disampaikan melalui saluran yang sudah ditetapkan. Masyarakat tidak perlu takut untuk melapor karena LPMP Provinsi Sulawesi Tengah memiliki Pedoman Penanganan Pengaduan dan Pedoman Perlindungan dan Pengahargaan bagi Pelapor.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *