Pendampingan Kebijakan Kemdikbudristek

Kamis, 1 Juli 2021, LPMP Provinsi Sulawesi Tengah melaksanakan kegiatan Pendampingan Kebijakan Kemdikbudristek. Kegiatan dilaksanakan dengan moda kombinasi yaitu secara luring di Hotel Santika Palu dan daring melalui media zoom meeting. Kegiatan ini dilaksanakan selama tiga hari yaitu tanggal 1 – 3 Juli 2021. Kegiatan dihadiri oleh 58 orang peserta yang berasal dari unsur dinas pendidikan, kementerian agama provinsi dan 13 kabupaten kota se_Sulawesi Tengah dan unsur LPMP Provinsi Sulawesi Tengah.

Tujuan kegiatan ini adalah untuk melakukan pendampingan kebijakan kemendikbudristek kepada pihak dinas pendidikan dan kebudayaan kabupaten/kota dan kantor wilayah kementerian agama kab./kota se Sulawesi Tengah. Kebijakan tersebut terkait pembelajaran tatap muka selama masa pandemi, pelaksanaan penerimaan peserta didik baru, dan persiapan pelaksanaan asessmen nasional berbasis komputer.

Kegiatan dibuka secara resmi oleh Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Sulawesi Tengah, yang diwakilkan kepada Dr. Asrul Ahmad, S.Pd.,M.Si. (Kepala Bidang PTK Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Sulawesi Tengah).

Narasumber dalam kegiatan ini adalah H. Ansyar Sutiadi, S.Sos., M.Si. (Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Palu ), Drs. Moh. Kasim, M.M. (Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Buol), Dr. Asrul Ahmad, S.Pd.,M.Si. (Kepala Bidang PTK Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Sulawesi Tengah), Dr. Asia, M.Pd., Dr. Manna, M.Pd., dan Dr. Heriwanty, M.Hum (Tenaga Fungsional LPMP Provinsi Sulawesi Tengah).

Beberapa hal yang dicapai dari kegiatan ini adalah: 1) adanya kesepahaman dalam memaknai SE Gubernur Provinsi Sulawesi Tengah terkait pembagian zona wilayah penyebaran covid 19 dan konsekuensinya dalam pembelajaran tatap muka tahun ajaran 2021/2022; 2) praktik baik yang disampaikan oleh pihak Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Buol patut diapresiasi dan dapat dijadikan acuan bagi daerah lain dalam implementasi pembelajaran tatap muka masa pandemi; 3) Kesiapan Pemerintah Kota Palu menghadapi Asessmen Nasional Berbasis Komputer merupakan salah satu gambaran kesiapan dari pemerintah daerah di Provinsi Sulawesi Tengah; dan 4) kabupaten/kota menyatakan kesiapan untuk menyampaikan hasil laporan pelaksanaan PPDB sesuai dengan draft laporan hasil PPDB ke LPMP Provinsi Sulawesi Tengah.

Kehadiran beberapa kepala kantor kementerian agama kab./kota (Palu, Sigi, Poso, Banggai, Bangkep, Morowali, dan Buol) memberi makna tersendiri dalam kegiatan ini mengingat keterkaitan materi yang disampaikan dalam kegiatan ini merupakan produk dari 4 kementerian terkait. Semoga jalinan kerjasama antara kemendikbudristek, kemendagri (pemda), dan kemenag selanjutnya akan semakin baik, terutama berkaitan dengan pembelajaran pada masa pandemi saat ini.
Syatrawati & Marnih Malkab

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *