MEMULAI HIDUP DENGAN KEBAIKAN HATI

Sabtu, 3 Juli 2021 pukul 16.00, LPMP Provinsi Sulawesi Tengah melaksanakan pengajian bulanan dengan tema Memulai Hidup dengan Kebaikan Hati. Kegiatan ini dilaksanakan secara luring dan daring. Luring bertempat di Aula Banua Todea, daring melalui zoom meeting.

Kegiatan ini diawali dengan sambutan Kepala LPMP Provinsi Sulawesi Tengah, yang diwakili oleh kasubbag TU, bapak Ardin, S.E., M.E. Dalam sambutannya, Ardin menyampaikan bahwa “Insya Allah apa yang kita laksankan pada sore hari ini akan bermanfaat bagi kita senua dan menambah wawasan keimanan kita semua”.

Kajian Islam dengan tema Memulai Hidup dengan Kebaikan Hati disampaikan oleh Bapak Shandy Abi Naya, beliau adalah founder dan Master Trainer Conscience, dan juga pendiri Yayasan Gerakan Amal Shaleh.
Dalam tausiahnya, Bapak Shandy menyampaikan bahwa “ciri orang yang beriman adalah ketika disebut Asma Allah maka bergetar hatinya”.
Dijelaskan pula bahwa “apabila tindakan dan suara hati berbeda, maka ada yang putus atau ada yang bermasalah. Hati dan suara hati. Hati menurut Imam Al-Ghazali dibagi dalam dua, yaitu fisik dan non fisik. Hati adalah organ berwarna merah kecokelatan yang berbentuk bundar memanjang terletak di dalam rongga perut sebelah kanan atas. Jika hati baik, maka semua anggota tubuh akan baik pula. Sedangkan suara hati adalah hasil dialog dengan Allah, sehingga mampu membedakan baik dan buruknya sesuatu”.
Menurut Bapak Shandy “ ada tiga pilar inti tujuan hidup, bagaimana cara meraih kunci kebahagiaan dengan: 1) Syukur (bersyukur dalam kondisi apapun); 2) berbagi; 3) memaafkan (memaafkan jauh lebih sulit dari meminta maaf). Diakhir tausiah disampaikan bahwa “hal yang pertama harus diperbaiki adalah hati kita, untuk mendapatkan kebagahagiaan, kesuksesan, dan kebermanfaatan”. Marnih Malkab

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *