MENJAWAB TANTANGAN SUPERVISI MUTU MELALUI SIPEMUDIK

Kisah Kreatvitas dan Inovasi agen perubahan LPMP Sulawesi Tengah

(HERIWANTY – Widyaprada Muda)

LPMP SULAWESI TENGAH menganut sepuluh tata nilai dalam menjalankan organisasi. Nilai-nilai tersebut adalah INTEGRITAS, SOPAN, INKLUSIF,  KREATIF dan INOVATIF, AKTIF, PEMBELAJAR, DISIPLIN, INISIATIF, RAMAH, dan IKHLAS yang disingkat dengan  INTEGRITAS SIKAP DIRI. Nilai-nilai tersebut diharapkan sudah menjiwa di setiap raga insan LPMP Sulawesi Tengah, tanpa terkecuali.

Dalam hal nilai KREATIF dan INOVATIF, sebagai agen perubahan, saya telah membuat konsep Aplikasi Supervisi Mutu (SIPEMUDIK). Konsep ini lahir untuk menjawab kebutuhan pengawas sekolah dalam melakukan supervisi. Masalah-masalah yang ditemukan saat LPMP Sulawesi Tengah melakukan monitoring dan evaluasi supervisi mutu, di antaranya masih banyak pengawas sekolah yang melakukan supervisi  namun tidak melakukan analisis hasil supervisi,  tidak  membuat rekomendasi, dan tidak memantau apakah rekomendasi sudah ditindaklanjuti oleh sekolah binaannya. Berdasarkan masalah tersebut, saya sebagai agen perubahan mebuat konsep agar supervisi bisa sampai pada bagaimana pengawas sekolah memantau tindak lanjut yang dibuat oleh sekolah hanya dengan memilih pernyataan atau uraian sesuai kondisi sekoilah binaannya.  Dengan menggerakkkan beberapa praktisi (pengawas sekolah) dan widyaiswara, kami menyusun instrumen,  konsep fitur-fitur, dan tampilan dashboard, serta tampilan admin untuk  aplikasi yang akan dibuat.

Konsep yang saya buat didukung oleh Kepala LPMP Provinsi Sulawesi Tengah. Atas dukungan tersebut, saya meminta bantuan salah seorang pengembang aplikasi untuk membuatkan aplikasi sesuai konsep yang telah saya buat. Dengan melewati berbagai tahapan, termasuk ujicoba,  akhirnya pada Desember 2020, SIPEMUDIK dirilis melaui  https://sipemudik.id/dashboard/index.

Aplikasi ini masih jauh dari sempurna,  namun melalui aplikasi ini, salah satu unsur  stakeholder LPMP Sulawesi Tengah yaitu pengawas dapat melaksanakan tugasnya memantau keterlaksanaan Standar Nasional Pendidikan dan Pengembangan Budaya dan Lingkungan Sekolah dengan mudah. Selain itu, LPMP Sulawesi Tengah juga dapat memperoleh informasi untuk dijadikan bahan pembimbingan dan pendampingan satuan pendidikan di wilayah Sulawesi Tengah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *