SOSIALISASI PROGRAM ZI WBK LPMP PROVINSI SULAWESI TENGAH

Kamis, 17 Desember 2020, LPMP Provinsi Sulawesi Tengah melaksanakan kegiatan Sosialisasi Program ZI WBK LPMP Provinsi Sulawesi Tengah dilaksanakan secara daring menggunakan aplikasi zoom meeting. Peserta pada kegiatan ini adalah mitra kerja LPMP Provinsi Sulawesi Tengah baik dari instansi pemerintah maupun swasta.

Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk:  1) mensosialisasikan Peraturan Menteri PAN dan RB Nomor 10 Tahun 2019 tentang Pedoman Pembangunan ZI WBK dan WBBM di Lingkungan Instansi Pemerintah kepada mitra kerja LPMP Sulawesi Tengah; 2) mensosialisasikan Konsep ZI WBK dan Lembar Kerja Evaluasi kepada mitra kerja LPMP Sulawesi Tengah; 3) mensosialisasikan Pengendalian dan Pengawasan di LPMP Sulawesi Tengah kepada mitra kerja LPMP Sulawesi Tengah; dan 4) mensosialisasikan Strategi Implementasi ZI WBK di LPMP Sulawesi Tengah kepada mitra kerja LPMP Sulawesi Tengah.

Kegiatan ini dibuka oleh Kepala LPMP Provinsi Sulawesi Tengah yang diwakili oleh koordinator Fungsi FPMP, bapak Dr. H. Rusli, M.Pd. .Dalam sambutannya ditegaskan bahwa Reformasi birokrasi pada hakikatnya adalah perubahan besar dalam paradigma dan tata kelola pemerintahan untuk menciptakan birokrasi pemerintah yang profesional dengan karakteristik adaptif, berintegritas, bersih dari perilaku korupsi kolusi dan nepotisme, mampu melayani publik secara akuntabel, serta memegang teguh nilai-nilai dasar organisasi dan kode etik perilaku aparatur negara. Dalam rangka mewujudkan tujuan tersebut, maka ada 8 (delapan) area manajemen pemerintahan yang perlu dilakukan perubahan secara sungguh-sungguh dan berkelanjutan. Antara lain area penting perubahan tersebut adalah perubahan pola pikir (mindset) dan budaya kerja (culture set) serta perubahan dalam manajemen pemerintahan yakni good goverment, mudah diakses, berkualitas. LPMP Provinsi Sulawesi Tengah berusaha terus mencapai predikat ZI WBK sesuai harapan Dirjen PAUD Dikdasmen kedepan bahwa seluruh LPMP berkomitmen dalam meraih ZI WBK mulai dari unsur pimpinan sampai pada tingkat bawah.

Narasumber pada kegiatan ini adalah:  Ketua Tim Pembangunan ZI WBK LPMP Provinsi Sualwesi Tengah, Dr. H.Rusli, M.Pd., dengan materi Konsep ZI WBK dan LKE. Tim Asessor Internal ZI WBK LPMP Provinsi Sulawesi Tengah Dr. Heriwanty, M.Hum., dengan materi Overview PERMENPANRB dan Strategi Pembangunan ZI WBK. Kepala Subbagian TU LPMP Provinsi Sulawesi Tengah, Ardin, S.E., M.E., dengan materi Satuan Pengawasan Internal.    Marnih Malkab

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *