LPMP Provinsi Sulawesi Tengah: LAUNCHING APLIKASI

Jumat, 11 Desember 2020, LPMP Provinsi Sulawesi Tengah melaksanakan kegiatan Launching Aplikasi Sipemudik, Siprodik dan Sipintas. Kegiatan ini dilaksanakan secara daring dengan sasaran peserta adalah kepala dinas dan pejabat struktural di lingkungan Dinas Pendidikan, Kacabdis, Pengawas, Kepala Sekolah SD/SMP/SMA, Bappeda dan masyarakat umum.

Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk mensosialisasikan aplikasi yang dikembangkan oleh LPMP Provinsi Sulawesi Tengah di tahun 2020 ini.

Kegiatan ini dibuka secara resmi oleh Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Sulawesi Tengah,  Drs. H. Irwan Lahace, M. Si. Pada sambutannya, Irwan “mengucapkan terimakasih kepada kepala LPMP Provinsi Sulawesi Tengah dan segenap jajarannya karena dimasa pandemi ini tetap beraktivitas dan telah mengembangkan tiga aplikasi yang bisa digunakan dibidang pendidikan dan masyakat umum ditahun 2020 ini”. Ditengah sambutannya terus memberikan apresiasi kepada LPMP, Irwan mengatakan bahwa “bangga dan berbahagia bahwa LPMP Provinsi Sulawesi Tengah di masa pandemi ini tetap melaksanakan upaya-upaya untuk peningkatan mutu dan peningkatan layanan lembaga, hari ini akan dilauching tiga aplikasi sekaligus, yiatu aplikasi Sipemudik, aplikasi Siprodik dan aplikasi Sipintas”. Diakhir sambutannya Irwan menyampaikan bahwa “dinas pendidikan, pengawas, Bappeda, satuan pendidikan bisa menggunakan aplikasi ini untuk merencanakan peningkatan mutu diwilayah masing-masing”.

Dr. Heriwanty, M.Hum., sebagai penanggung jawab kegiatan Launcing Aplikasi ini menyampaikan bahwa “tiga aplikasi yang dikembangkan oleh LPMP Provinsi Sulawesi Tengah di tahun 2020 ini adalah aplikasi Sipemudik, aplikasi Siprodik dan aplikasi Sipintas”. Heriwanty menjelaskan satu persatu dari ketiga aplikasi, yaitu:

  1. Aplikasi Sipemudik

Aplikasi Supervisi Mutu Pendidikan. Aplikasi ini untuk membantu pengawas-pengawas sekolah dalam melaksanakan tugas terkait dengan pendampingan di sekolah binaannya. Jadi melalui aplikasi ini akan ada data yang akan didapatkan dinas pendidikan dan ada tindak lanjut yang bisa diberikan pengawas satuan pendidikan berdasarkan hasil aplikasi.

  1. Aplikasi Siprodik

Aplikasi Sistem Informasi Pendidikan. Aplikasi ini didalamnya berisi tentang profil pendidikan, baik dari sisi sarana prasarana maupun GTK, termasuk dengan sistem mutu pendidikan. Jadi dalam Siprodik ini termuat informasi pendidikan yang dapat dimanfaatkan oleh stakeholder atau berbagai pemangku kepentingan untuk merencanakan peningkatan mutu di wilayah masing-masing.

  1. Aplikasi Sipintas

Aplikasi Peminjaman Fasilitas. Seperti diketahui bersama bahwa LPMP Provinsi Sulawesi Tengah mempunyai banyak fasilitas, seperti fasilitas kamar sekitar 200 kamar, ruang pertemuan yang bisa setara dengan hotel bintang 3 atau 4. Kami mencoba untuk mengembangkan satu sistem peminjaman, stakeholder atau pelanggan bisa meminjam atau memesan ruangan atau kamar melalui aplikasi Sipintas dan aplikasi ini akan digunakan tahun 2021.    Marnih Malkab

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *