Monitoring dan Evaluasi Implementasi SPMI

LPMP Provinsi Sulawesi Tengah telah melaksanakan kegiatan Monitoring dan Evaluasi Implementasi SPMI pada empat Region melalui video converensi (vicon). Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 16 s.d. 19 November 2020. Senin, 16 November 2020 (Region 1: Kota Palu, Kab. Sigi dan Donggala); Selasa, 17 November 2020 (Region 2: Kab. Parigi Moutong, Poso dan Tojo Una-Una); Rabu, 18 November 2020 (Region 3: Kab.Tolitoli, Buol, Morowali dan Morowali Utara); dan Kamis, 19 November 2020 (Region 4: Kab.Banggai, Banggai Kepulauan dan Banggai laut). Peserta pada kegiatan ini adalah sekolah binaan tahun 2020 sebanyak 2020.

Tujuan dilaksanakan kegiatan ini adalah: 1)   melihat kemampuan sekolah dalam menerapkan sistem penjaminan mutu internal dan proses pengimbasannya, dan  2) melihat budaya mutu yang terbentuk di lingkungan sekolah.

Kegiatan ini dibuka secara resmi oleh kepala LPMP Provinsi Sulawesi Tengah, H. Muhammad Askari, S.H., M. Si. Pada saat membuka kegiatan ini, Askari menyampaikan kepada peserta bahwa sekolah binaan untuk tahun ini sudah mengikuti kegiatan pendampingan, hari ini kita melakukan monev yang juga merupakan tahapan ke empat dalam Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI). Monev ini sebagai upaya memastikan pelaksanaan kegiatan pemenuhan mutu telah sesuai dengan perencanaan dan pada akhirnya implementasi budaya peningkatan mutu pada sekolah binaan. Di akhir sambutannya, askari menegaskan bahwa “penerapan sistem penjaminan mutu bukanlah hanya ditujukan untuk meningkatkan mutu sesuai pada SNP namun mendorong terciptanya budaya mutu pendidikan dimana semua komponen di sekolah memiliki jiwa pembelajar dan selalu mengembangkan diri sesuai dengan perkambangan zaman”.

Narasumber pada kegiatan ini adalah kepala LPMP Provinsi Sulawesi Tengah (H. Muhammad Askari, S.H., M. Si), Dr. Asia, M. Pd., Dr. Marnih Malkab, M. Pd., dan Moh. Isnain A.L., S. Kom., M.M.

 

 

Monitoring dan Evaluasi Implementasi SPMI melalui Daring ini dilaksanakan dengan menjelaskan instrumen yang akan diisi oleh peserta, penjelasan cara pengisian instumen secara manual dan pengisian pada aplikasi secara online, dan pengisian instrumen oleh peserta sebagai responden.    Marnih Malkab

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *