Sosialisasi Pemanfaatan Aplikasi Vicon bagi Operator Dinas/Sekolah

Kamis, 27 Agustus 2020, LPMP Provinsi Sulawesi Tengah melaksanakan kegiatan Sosialisasi Pemanfaatan Aplikasi Vicon bagi Operator Dinas/Sekolah. Kegiatan ini dilaksanakan selama tiga hari dengan tiga tahap, dari tanggal 27 s.d. 29 Agustus 2020 melalui via tatap muka daring. Tahap I, Kamis, 27 Agustus 2020 Kab Banggai, Banggai Kepulauan, Banggai   Laut, dan Tojo Una-Una. Tahap II, Jum’at, 28 Agustus 2020 Kab  Buol, Tolitoli, Poso, Morowali, dan Morowali Utara. Tahap III, Sabtu, 29 Agustus 2020 Kab  Parimo,  Sigi, Donggala, dan Kota Palu.

Peserta sebanyak 260 orang yang terdiri atas unsur: Operator Dinas  Kabupaten, Operator Cabang Dinas, dan Operator SD, SMP, SMA.

Sosialisasi Pemanfaatan Aplikasi Vicon bagi Operator Dinas/Sekolah bertujuan untuk: 1) meningkatkan pemahaman pemanfaatan fasilitas video conference bagi operator Dinas/Sekolah; dan 2) meningkatkan pemahaman persiapan yang perlu dilakukan sebelum melakukan video converence bagi operator Dinas/Sekolah.

Kegiatan ini dibuka secara resmi oleh Kepala LPMP Provinsi Sulawesi Tengah, yang diwakili oleh Kepala Seksi Sistem Informasi, Dr. H. Manna, M. Pd. Pada saat membuka kegiatan, Manna menyampaikan bahwa “kegiatan ini dilaksanakan karena LPMP merasakan pentingnya  peningkatan  kompetensi tentang IT bagi operator”. Disampaikan juga bahwa “dimasa pandemi sekarang kita tetap harus bekerja, sehingga aplikasi vicon ini sangat membantu pelaksanaan kegiatan secara daring sehingga kita semua bisa terhindar dari Covid-19”.

Narasumber pada kegiatan ini adalah Kepala Seksi Sistem Informasi, Dr. H. Manna, M. Pd. dan Irman, S. T., M.M. dengan materi Kebijakan LPMP Sulawesi Tengah 2020, Pemanfaatan Aplikasi Zoom, dan Pemanfaatan Aplikasi Padlet.

Irman pada saat membawakan materi Pemanfaatan Aplikasi Zoom menyampaikan bahwa “dalam pelaksanaan video converence atau webinar ada beberapa peran yang harus diperhatikan oleh pelaksana vicon ini. Siapa saja yang terlibat dalam pelaksanaan vicon ini? Dijelaskannya bahwa yang terlibat adalah: 1) Narasumber. Dengan tugas untuk:  menyampaikan materi kepada peserta, menyiapkan dan menampilkan bahan presentasi, dan menjawab pertanyaan saat diskusi. 2) Host. Dengan tugas: menyiapkan meeting room dan mengatur jalannya vicon/Webinar secara teknis, mengijinkan peserta masuk ke dalam meeting room sesuai dengan daftar registrasi, dan mengatur pembicara berdasarkan arahan moderator. 3) Moderator. Dengan tugas: mengatur jalannya vicon/webinar, mengikuti materi dan diskusi, membantu narasumber menampilkan presentasi, dan mengatur diskusi. 4) Panitia. Dengan tugas: menyiapkan administrasi pra pelaksanaan vicon/webinar,  saat pelaksanaan dan Pasca Webinar” . Irman nenegaskan kepada peserta  “ agar pelasanaan video converence dapat berjalan dengan baik dan kendala dapat diantisipasi ketika terjadi masalah, maka setiap orang harus mengetahui dan memahami peran dan tugasnya masing-masing.   Marnih Malkab

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *