LPMP SULTENG TELAH MELAKSANAKAN SOSIALISASI PENGAJUAN NUPTK DAN PPG PADA EMPAT REGION

LPMP Sulawesi Tengah telah melaksanakan kegiatan Sosialisasi Pengajuan NUPTK dan PPG pada empat Region melalui video converensi (vicon). Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 6 s.d. 9 Juli 2020. Peserta pada kegiatan Sosialisasi Pengajuan NUPTK dan PPG sebanyak 200 orang, yang terdiri atas guru perwakilan KKG dan MGMP, operator kecamatan, operator dinas kabupaten, penganggungjawab pendataan pada dinas pendidikan kabupaten/kota/provinsi, cabang dinas pendidikan menengah wilayah provinsi Sulawesi Tengah.

Tujuan dilaksanakan kegiatan ini adalah: 1) meningkatkan pemahaman tentang tugas dan tanggung jawab satuan pendidikan dalam pengajuan NUPTK dan PPG; 2) melakukan koordinasi dengan semua stakeholder dalam pengajuan NUPTK dan PPG; 3) membantu sekolah dalam mengajukan dokumen dan membantu dinas dalam melakukan approval sehingga dokumen yang disetujui sesuai dengan juklak yang berlaku dan memenuhi syarat.

Kegiatan ini dibuka secara resmi oleh kepala LPMP Sulawesi Tengah, H. Muhammad Askari, S.H., M. Si. Pada saat membuka kegiatan ini, Askari menyampaikan kepada peserta bahwa NUPTK bagi guru dan tenaga kependidikan tidak asing lagi bagi tenaga pendidikan, karena sudah lima tahun disosialisasikan, bahkan semua program peningkatan mutu pendidikan, peningkatan kompetensi dan peningkatan profesionalisme berbasis NUPTK. Ditambahkannya pula bahwa NUPTK merupakan nomor unik bagi tenaga pendidikan dan tenaga kependidikan baik PNS maupun non PNS yang memenuhi persyaratan sesuai dengan surat edaran. Pada kesempatan ini disampaikan juga bahwa salah satu peningkatan mutu guru GTK  adalah melalui Pendidikan Profesi Guru (PPG), salah satu persyaratannya adalah harus memiliki NUPTK. PPG Dalam Jabatan untuk tahun 2020 dilaksanakan secara daring. Pada akhir arahannnya, Askari menyampaikan kepada peserta bahwa materi yang sudah diterima peserta diharapkan untuk disosialisasikan lagi kepada guru atau pendidik lainnya sehingga informasi dapat diterima oleh semua guru atau pendidik yang belum memiliki NUPTK dan yang belum ikut PPG dapat mengetahui informasi.

 

 

Region 1 (Banggai, Banggai Kepulauan, Banggai Laut, dan Provinsi) dilaksanakan pada tanggal 6 Juli 2020.

 

 

 

Region 2 ( Palu, Donggala, Sigi, dan Parigi Moutong) dilaksanakan pada tanggal 7 Juli 2020.

 

 

 

Region 3 ( Buol, Tolitoli, dan Tojo Una-Una) dilaksanakan pada tanggal 8 Juli 2020.

 

 

 

Region 4 ( Poso, Morowali, dan Morowali Utara) dilaksanakan pada tanggal 9 Juni 2020.

 

Narasumber pada kegiatan ini adalah kepala LPMP Sulawesi Tengah (H. Muhammad Askari, S.H., M. Si), kepala Seksi Sistem Informasi (Dr. H. Manna, M. Pd), Moh. Isnain A.L., S. Kom., M.M., dan H. Irman, S.T., M.M.

 

 

Materi pengelolaan NUPTK dibawakan oleh Dr. H. Manna, M. Pd., dan Moh. Isnain A.L., S. Kom., M.M. Pemateri memaparkan apa yang menjadi persyaratan pada saat pengajuan untuk mendapatkan NUPTK bagi pendidik dan tenaga kependidikan.

 

 

Materi pengelolaan PPG yang disampaikan oleh Irman, S.T., M. M. Pada pemaparan materi disampaikan bahwa program PLPG dilaksanakan dengan dua cara, yaitu prajabatan dan dalam jabatan. Tahun 2020 ini PPG tetap dilaksanakan walaupun masih dalam suasana pandemi covid-19 ini, sehingga pelaksanaannya dilaksanakan dengan secara penuh dalam jaringan (daring) yang difasilitasi oleh Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.   Marnih Malkab

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *