RUMAH GURU 4.0 batch#4: PEMBELAJARAN DIGITAL DI ERA NEW NORMAL

Rabu, 24 Juni 2020, LPMP Sulawei Tengah melalui Program Rumah Guru 4.0 batch #4 melaksanakan kegiatan dengan tema Siap Hadapi Era New Normal dengan Pembelajaran Digital. Dengan di mulainya Era New Normal,  seluruh aspek kehidupan mau tidak mau harus bisa beradaptasi dengan keadaan saat pandemi yang belum diketahui kapan akan berakhir, begitupun dengan dunia pendidikan khususnya sekolah. Sistem Pembelajaran yang konvensional perlahan-lahan akan beralih ke sistem digital dengan memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi. Sekolah tentunya harus memahami apa saja yang harus dipersiapkan untuk menyongsong hal tersebut, baik dari segi fisik maupun kompetensi tenaga pendidiknya.

Kegiatan ini dilaksanakan melalui media daring video converence (vicon) dengan menggunakan aplikasi Zoom. Peserta pada kegiatan ini adalah pendidik, tenaga kependidikan dan pemangku kepentingan pada bidang pendidikan.

Kepala LPMP Sulawesi Tengah, H. Muhammad Askari, S. H., M. Si., pada saat membuka kegiatan ini menyampailan bahwa Covid-19 telah mengondisikan terjadinya migrasi digital secara besar- besaran dan masih di berbagai bidang, termasuk bidang pembelajaran. Para imigran pembelajaran digital ini dapat dikategorikan ke dalam level unggul, menengah, dan rendah. Ditambahkannya pula bahwa berbagai aplikasi digital sudah ditawarkan, mulai yang gratis hingga berbayar. Banyak aplikasi digital yang dijadikan alternatif solusi sebagai media pembelajaran daring, misalnya Zoomcloud Meetings, Googlemeet, Teamlink, learning management system (LMS), Google classroom, WhatsApp (WA) dan lain-lainya. Diakhir sambutannya, Askari menyampaikan bahwa Belajar memang tidak boleh berhenti sejak lahir hingga ajal  menjemput. Prinsip lifelong education harus tetap dipegang teguh oleh pendidik dan peserta didik, sekalipun dalam kondisi pandemi Covid-19. Dengan kreativitas dan kompetensinya, pendidik dituntut untuk mengorganisir dan mengorkestra pembelajaran yang dapat diikuti dan dinikmati oleh seluruh peserta didik, baik secara online, offline, maupun blended learning.

Prof. Dr. H. Aris Munandar, M.Pd, Guru Besar Manajemen Pendidikan Universitas Negeri Makassar menjadi pembicara pada Program Rumah Guru 4.0 batch#4 ini dengan materi Pembelajaran Digital di Era New Normal. Pada kesempatan Arismunandar mengatakan bahwa perubahan paradigma pembelajaran telah terjadi sekarang ini, didaktik baru yaitu konektivisme (connektivism) dimana paradigma awal sampai sekarang ini adalah Behavioriscognitivism – constructivism – connectivism. Pembelajaran pada konektivisme ini diartikan sebagai proses menciptakan koneksi dan mengembangkan jejaring. Diakhir paparannya, Arismunandar menyampaikan bahwa mengacu kepada era digital dan normal baru pengembangan ilmu pendidikan khususnya teori pembelajaran mengalami pergeseran ke pengembangan pembelajaran konektivitas yang inovatif antar pelaku pendidikan sesuai dengan nilai-nilai budaya. Untuk itu para guru dan tenaga pendidik lainnya perlu melakukan penyesuaian diri dengan meningkatkan kemampuan di bidang TIK.

Pada kegiatan ini hadir pula Prof. Dr. Muhammad Jufri, S. Psi, M. Si., Dekan Fakultas Psikologi UNM dan memberikan penguatan kepada peserta dari sesi psikologis. Marnih Malkab

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *