Bimtek Pemanfaatan Aplikasi Vicon bagi Host, Panitia dan Moderator bagi Pegawai LPMP Sulawesi Tengah

Rabu, 3 Juni 2020, LPMP Sulawesi Tengah melaksanakan kegiatan Bimtek Pemanfaatan Aplikasi Vicon bagi Host, Panitia dan Moderator melalui daring dengan sasaran pegawai LPMP Sulawesi Tengah. Kegiatan ini dilaksanakan karena dimasa pandemi ini pegawai LPMP yang juga diharuskan bekerja dari rumah, maka pegawai dituntut untuk dapat memanfaatkan teknologi dari berbagai media baik untuk bekerja maupun untuk berkomunikasi untuk menyelesaikan pekerjaan yang di embannya. Namun beberapa kendala dialami oleh pegawai karena belum berpengalaman dalam menggunakan platform teknologi yang tersedia seperti video conference atau platform yang lainnya.

Kegiatan ini bertujuan untuk: 1) meningkatkan pemahaman pegawai tentang pemanfaatan fasilitas video conference; dan 2) meningkatkan pemahaman pegawai tentang persiapan yang perlu dilakukan sebelum melakukan video converence.

Peserta yang menjadi sasaran dalam kegiatan ini adalah sebanyak 37 orang, yang terdiri atas:  Seksi Sistem Informasi, Seksi PMS, seksi FPMP, Sub Bagian Umum, dan Widyaiswara.

Kegiatan Bimtek Pemanfaatan Aplikasi Vicon bagi Host, Panitia dan Moderator dibuka secara resmi oleh Kepala LPMP Sulawesi Tengah, H. Muhammad Askari, S.H., M. Si. Pada saat memberikan pengarahan, Askari menyampaikan kepada peserta bahwa ”di masa pandemi ini, LPMP tetap harus melaksanakan kegiatan yang sudah ada dalam program, kegiatan itu kita laksanakan secara daring karena mengingat situasi belum memungkinkan untuk melaksanakan kegiatan secara tatap muka langsung. Dalam pelaksanaan kegiatan secara daring ini, ada beberapa hal yang harus diperhatikan bagi pegawai yang akan melaksanakan kegiatan. Untuk itu kepada peserta diharapkan untuk mengikuti kegiatan ini dengan baik sehingga nantinya bisa diimplementasikan ketika melaksanakan kegiatan”.

Narasumber pada kegiatan bimbingan teknis Pemanfaatan Aplikasi Vicon bagi Host, Panitia dan Moderator melalui Daring ini adalah Kepala LPMP Sulawesi Tengah dan Irman, S. T., M.M. dengan materi Kebijakan BDR LPMP Sulawesi Tengah, Pengenalan Aplikasi Zoom, dan Pengenalan Aplikasi Zoho.

Menurut Irman pada saat menyampaikan materinya bahwa “dalam kegiatan vicon ini, ada beberapa peran yang terlibat, diantaranya adalah narasumber, host, moderator, dan panitia. Mereka inilah yang akan bekerja selama pelaksanaan kegiatan, harus mengetahui apa tugas dan fungsinya masing-masing”. Diakhir materinya, Irman menyampaikan bahwa Vicon (Video Conference) dalam kegiatan VCT (Virtual Coordinator Training) dapat terlaksana dengan baik jika ada koordinasi yang kompak. Kekompakan antara host, moderator, panitia dan pemateri/narasumber. Jika masing-masing menjalankan peran sesuai dengan tugasnya, maka vicon akan berjalan sukses”.   Marnih Malkab

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *