LPMP Sulawesi Tengah melaksanakan Bimbingan Teknis Instruktur Pembelajaran dan Penilaian Berbasis Teknologi Informasi

Kamis tanggal 13 Februari 2020, LPMP Sulawesi Tengah melaksanakan Kegiatan bimtek instruktur pembelajaran dan penilaian berbasis teknologi informasi. Kegiatan ini dilaksanakan selama empat hari dari tanggal 13 s.d. 16 Februari 2020 di ruang Kasiromu LPMP Sulawesi Tengah.

Secara umum tujuan bimbingan teknis instruktur pembelajaran dan penilaian berbasis teknologi informasi adalah untuk meningkatkan kompetensi jabatan fungsional LPMP Sulawesi Tengah (widyaiswara dan PTP) dalam memberikan layanan kepada guru memanfaatkan teknologi informasi untuk meningkatkan efektivitas dan efisiensi pengelolaan pembelajaran dan penilaian.

Kegiatan ini dibuka secara resmi oleh kepala LPMP Sulawesi Tengah, H. Muhammad Askari, S. H., M. Si. Dalam sambutannya Kepala LPMP menegaskan bahwa kemampuan menggunakan TIK menjadi suatu keharusan dan kebutuhan dalam melaksanakan berbagai tugas, sehingga program tahun 2020 menjadi prioritas peningkatan dan pengembangan kompetensi ASN bagi pegawai LPMP Sulteng  guna peningkatan kompetensi. Ditambahkannya pula bahwa salah satu pengembangan kompetensi bagi pegawai adalah bimtek Instruktur Pembelajaran dan Penilaian berbasis Teknologi Informasi yang sekarang kita laksanakan ini. Diakhir sambutannya kepala LPMP mengharapkan bahwa melalui Bimtek ini dapat meningkatkan keterampilan bagi tenaga fungsional dalam menggunakan berbagai produk aplikasi untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dan penilaian berbasis teknologi informasi.

Narasumber pada kegiatan ini adalah: Kepala LPMP Sulawesi Tengah, Prof. Daud K. Walanda, M.Si., Ph.D., Moh. Taofan, S.Kom, dan Moh. Irvan, ST.

Hasil yang diharapkan dari kegiatan ini adalah peserta dalam: 1) menggunakan aplikasi formative untuk pembelajaran berbasis web; 2) membuat media pembelajaran berbasis android dengan Appy Pie; 3) membuat media pembelajaran berbasis android dengan Appsgeyser; 4) menggunakan aplikasi Plickers untuk pembelajaran dan penilaian; 5) menggunakan aplikasi ZipGrade untuk scan LJK; 6) membuat e-Modul; 6) membuat soal online di Google Drive; 7) membuat aplikasi menggunakan macro excel; 7) mendesain e-learning menggunakan google classroom; dan 8) membuat bahan presentasi menggunakan aplikasi preziMarnih Malkab

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *