EVALUASI PROGRAM/KEGIATAN TAHUN 2019 DAN RANCANGAN PROGRAM TAHUN 2020

Palu.  Jumat tanggal 27 Desember 2019, LPMP Sulawesi Tengah melaksanakan Evaluasi Program/Kegiatan 2019 dan Rancangan Program 2020 yang dilaksanakan selama tiga hari, mulai pada tanggal 27 s.d. 29 September 2019  di gedung Polibu 2 LPMP Sulawesi Tengah.

Tujuan yang diharapkan dari Evaluasi Program/Kegiatan 2019 dan Rancangan Program 2020 adalah: 1) peserta dapat mengetahui masalah dan kendala yang terjadi dalam pelaksanaan program 2019; 2) peserta menyesuaikan solusi permasalahan dengan rancangan program 2020 dan isu-isu; 3) menyusun jadwal pelaksanaan program dan anggaran tahun 2020; dan 4) menyusun juklak/juknis/panduan kegiatan tahun 2020.

Kegiatan ini dibuka secara resmi oleh kepala LPMP Sulawesi Tengah, H. Muhammad Askari, S.H., M. Si., dan dihadiri oleh Kepala Seksi Sistem Informasi, Dr. H. Manna, M. Pd., Kepala Sub Bagian Umum, Dewiana Maddokala, S. E., M. H., dan Koordinator Widyaiswara, Drs. Abd. Gani, M. Pd. Pada kesempatan ini Kepala LPMP mengingatkan kepada peserta bahwa tugas kita adalah melaksanakan kebijakan penjaminan mutu. Berbagai strategi dalam memecahkan issu-issu pokok-pokok kebijakan merdeka belajar, ada empat pokok: 1)   UN; 2) USBN ; 3) RPP; 4) Zonasi. Tugasnya LPMP adalah pada point ketiga yaitu Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). Harus efisien dan efektif dalam membuat RPP dan libatkan guru dalam merancang. Sejauh mana konsep pelaksanaaan RPP disekolah binaan kita.

Ditegaskan pula bahwa ada tiga isu strategis tahun 2020 adalah: 1) SDM Unggul; 2) Kualitas Data; 3) Sekolah belum SNP. Peningkatan kompetensi pegawai secara internal perlu dilaksanakan. Data harus seimbang antara kuantitas dan kualitas, jangan hanya mengejar progres pengiriman. Prinsip pengisian instrumen sebaiknya dilaksanakan secara jujur, langsung, dan bertanggungjawab.

Peserta pada kegiatan ini sebanyak 40 orang yang terdiri atas pegawai LPMP Sulawsei Tengah, Balai Bahasa, dan BP Paud Dikmas. Narasumber pada kegiatan ini adalah Kepala LPMP Sulawesi Tengah, Kepala Seksi Anggaran Bidang Pendidikan dan Kepemudaan lll Kementerian Keuangan, Kepala Bagian Perencaanaan dan Anggaran Setditjen Dikdasmen Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, serta Kassubag dan  Kasi di Lingkungan LPMP Sulawesi Tengah.  Marnih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *