Bimbingan Teknis Pengumpulan Data Peta Mutu Region Poso

Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan (LPMP) Sulawesi Tengah melaksanakan Bimbingan Teknis Pengumpulan Data Peta Mutu Tanggal 25 s.d. 27 Juli 2019 di Hotel 77 Kabupaten Poso Sulawesi Tengah. Kegiatan ini diikuti oleh 62 peserta terdiri dari Operator Kecamatan dan Operatot SMA dan SMK Wilayah Kabupaten Poso, Tojo Unauna, Morowali dan Kabupaten Morowali Utara.

Kegiatan ini dibuka langsung oleh Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Poso, Drs. George V.Y. Tumonggi tepat pukul 13.30 WITA. Salah satu arahan beliau agar peserta dapat mempelajari, memahami mekanisme dan penggunaan aplikasi PMP 2019.

Kegiatan ini menghadirkan narasumber Fasilitator Nasional yakni Dr. Manna, M.Pd dan Anthonia Arung Lallo, S.Kom.,M.T.


Pada hari pertama, Dr. Manna, M.Pd menerangkan tentang Peran dan tugas Operator Pengumpul Data, Evaluasi pelaksanaan Pemetaan Mutu 2018 dan Mekanisme Pemetaan Mutu Tahun 2019.
Hari kedua dan ketiga, Anthonia Arung Lallo, S.Kom.,M.T. menyampaikan materi tentang Aplikasi PMP Tahun 2019 dilanjutkan dengan Peningkatan Kualitas Data Dapodik,
Materi Validasi Data Dapodikdasmen dan Rencana Tindak Lanjut yang diakhiri dengan Penutupan Kegiatan oleh Sekertaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Poso, Rolex Taropo, S.Pd., M.Pd.

Kegiatan ini bertujuan melakukan sosialisasi tugas dan tanggung jawab pengumpulan data PMP, evaluasi pendataan tahun 2018, menyiapkan operator dalam rangka menggunakan Aplikasi Pemetaan Mutu serta meningkatkan pemahaman operator tentang pentingnya kualitas data Dapodik. (AM).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *