Bimtek Penguatan Kinerja Pengawas jenjang SD, SMP, SMA dan SMK pada Satuan Pendidikan

Palu (9/3/19). Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan (LPMP) Sulawesi Tengah mengadakan bimtek Peguatan Kinerja Pengawas jenjang SD, SMP, SMA dan SMK pada Satuan Penidikan  untuk mensosialisasikan tata cara penyusunan rencana program pengawasan, pembinaan, pembimbingan, pemantauan, penilaian, membuat laporan akademik dan manajerial pada satuan pendidikan. Bimtek tahap I dilaksanakan selama empat hari, mulai tanggal 9 s.d. 12 Maret 2019 dan diikuti oleh 110 pengawas SD, SMP, SMA dan SMK yang ada di Sulawesi Tengah.

Kegiatan pelatihan dibuka secara resmi oleh Kepala LPMP Sulawesi Tengah, Muhammad Askari di Gedung Polibu Utama LPMP Sulawesi Tengah. Dalam sambutannya, Askari mengatakan bahwa salah satu komponen yang berperan penting dalam keberhasilan program penjaminan dan peningkatan mutu pendidikan adalah pengawas yang ada di tingkat daerah masing-masing. Pengawas yang ada di satuan pendidikan adalah garda terdepan dalam melaksanakan pengawasan ditingkat satuan pendidikan masing-masing dan sekaligus sebagai pembimbing guru-guru dan kepala sekolah yang ada di sekolah binaannya masing-masing. Lebih lanjut, Askari mengatakan bahwa tugas pengawas saat ini sangat menantang, tugas pokok pengawas adalah melaksanakan pengawasan pada aspek  akademik dan manajerial.

Bimtek diselenggarakan dengan menggunakan metode ceramah, diskusi dan praltek. Selama pelatihan peserta mendapat materi mengenai kebijakan pemerintah/pemerintah daerah tentang jabatan fungsional pengawas sekolah, pengelolaan tugas pokok dan etika pengawas sekolah, pengelolaan supervisi akademik, pengelolaan supervisi manajerial, evaluasi pendidikan, pengembagan profesi, PPKPNS bagi guru, kepala sekolah, dan tenaga kependidikan dengan fasilitator dari widyaiswara LPMP Sulawesi Tengah. Marnih Malkab

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *