Tingkatkan Kompetensi Guru, LPMP Adakan Bimtek Penyusunan Perangkat Pembelajaran

Palu (25/2/19). Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan (LPMP) Sulawesi Tengah mengadakan bimtek Penyusunan Perangkat Pembelajaran bagi guru jenjang SMA dan SMK di Propinsi Sulawesi Tengah untuk meningkatkan kemampuan dalam penyusunan perangkat pembelajaran yang terdiri dari program tahunan, program semester, silabus dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yang terintegrasi PPK, literasi, dan pengembangan pembelajaran berorientasi pada keterampilan berpikir tingkat tinggi (HOTS) secara lengkap. Bimtek dilaksanakan  tanggal 25 s.d. 28 Februari 2019 dan diikuti oleh 110 guru (SMA sebanyak 55 guru dan SMK sebanyak 55 guru). Peserta bimtek berasal dari sekolah yang rapor mutunya rendah pada standar proses.

Kegiatan pelatihan dibuka secara resmi oleh Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Irwan Lahace di Gedung Polibu Utama LPMP Sulawesi Tengah. Dalam sambutannya, Irwan mengatakan bahwa proses pembelajaran yang tidak sesuai merupakan salah satu faktor yang berkontribusi pada rendahnya mutu pendidikan. Rendahnya kualitas manajerial pembelajaran baik pada tataran perencanaan, pelaksanaan, maupun cara pengendaliannya. Oleh sebab itu, melalui bimtek ini diharapkan kepada peserta agar kegiatan ini diikuti dengan secara seksama, sangat pasti informasi-informasi yang terkini selalu tetap di sektor pendidikan yang banyak relevansinya.

Bimtek diselenggarakan dengan menggunakan metode ceramah, diskusi dan praltek. Selama pelatihan peserta mendapat materi mengenai program tahunan dan program semester, pengembangan silabus dan RPP, instrumen penilaian, dan pengenalan sumber belajar dengan fasilitator dari widyaiswara LPMP Sulawesi Tengah. Marnih Malkab

One Comment on “Tingkatkan Kompetensi Guru, LPMP Adakan Bimtek Penyusunan Perangkat Pembelajaran”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *