DISEMINASI DAN SEMINAR HASIL SPMI TAHUN 2018

Terkait dengan penjaminan mutu pendidikan, pemerintah melalui Menteri Pendidikan dan Kebudayaan telah menetapkan peraturan yang mengatur pelaksanaan penjaminan mutu pendidikan melalui Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 28 Tahun 2016 tentang  Penjaminan Mutu Pendidikan Dasar dan Menengah.Regulasi tersebut mewajibkan seluruh satuan pendidikan untuk mengimplementasikan Sistem Penjaminan Mutu Internal paling lambat pada tahun 2019.

Sampai pada tahun 2018, satuan pendidikan yang didampingi dalam mengimplementasikan SPMI di Sulawesi Tengah hanya 130 satuan pendidikan, maka satuan pendidikan yang telah mengimplementasikan  SPMI diharapkan dapat mengimbaskannya kepada satuan pendidikan lainnya.  Melalui kegiatan diseminasi hasil ini, satuan pendidikan yang telah mengimplementasikan SPMI sebagai sekolah model berbagi pengalaman kepada satuan pendidikan lain yang belum mengimplementasikan SPMI.

Diseminasi dan seminar hasil SPMI pada tahun 2018 ini bertujuan agar peserta: 1) memahami kebijakan  Penjaminan Mutu Pendidikan, baik pusat maupun  provinsi; 2) mengetahui hasil evaluasi pelaksanaan sekolah model; 3) mengetahui implementasi SPMI pada sekolah model dan sekolah imbas; dan 4) menyusun rencana tindak lanjut implementasi SPMI

Kegiatan Diseminasi Hasil Pemetaan Mutu ini dilaksanakan pada tanggal 8 s.d. 10 Desember 2018 di Citra Mulia Hotel, Jl. Tanjung Satu, Palu.

Kegiatan ini dibuka oleh  Kepala Dinas Pendidikan Propinsi Sulawesi Tengah, bapak Drs. H. Irwan Lahace, M. Si., dan dihadiri oleh Kepala LPMP Sulawesi Tengah, bapak H. Muhammad Askari, SH., M. Si., dan kepala Seksi PMS ibu Dra. Hj. Risnu, M.H. Pada saat membuka kegiatan, kepala dinas  memberikan apresiasi kepada LPMP Sulawesi Tengah, yang selama 3 tahun terakhir telah berupaya mendanai program sekolah model pada semua jenjang pendidikan sebanyak 130 sekolah. Sebagai pemerintah daerah saya berterima kasih atas fasilitasi baik berupa dana maupun pendampingan yang telah diberikan selama 3 tahun. Saya sangat mengharapkan, setelah 3 tahun ini, 130 sekolah yang telah menjadi model penerapan Sistem Penjaminan Mutu Internal tetap mengimplementasikan SPMI ini, baik dengan bantuan dana maupun tanpa bantuan dana dari LPMP lagi. Artinya, ke 130 sekolah ini, dapat mengimplementasikan SPMI secara mandiri. Pada kesempatan ini juga, kepala Dinas Pendidikan menghimbau bagi sekolah-sekolah yang belum mengimplementasikan SPMI, jangan sungkan belajar pada sekolah-sekolah model SPMI ke sekolah-sekolah rujukan yang ada di wilayah Bapak/Ibu. Perluas jaringan, perkuat silaturahim dengan sekolah-sekolah yang Bapak/Ibu anggap memiliki keunggulan sehingga Bapak/Ibu bisa belajar menerapkan keunggulan-keunggulan tersebut. Jangan malu, jangan gengsi, suatu saat, keunggulan itu juga akan menjadi bagian dari sekolah yang Bapak/Ibu kelola.

Oleh karena kegiatan ini adalah kegiatan diseminasi praktik penjaminan mutu sekolah model kepada sekolah non model, saya sangat berharap, Bapak/Ibu kepala sekolah nonmodel dengan keterbukaan hati mau belajar tentang SPMI ini kepada sekolah model meskipun mungkin saja Bapak/Ibu merasa bahwa dari aspek-aspek tertentu, sekolah Bapak/Ibu lebih unggul dibandingkan dengan sekolah model.

Peserta pada kegiatan ini berjumlah 55 orang yang terdiri atas unsur-unsur: 1) Dinas Pendidikan Provinsi/Kabupaten/Kota; 2) LPMP Sulawesi  Tengah; 3) Sekolah Model; 4) Sekolah Imbas; dan 5) Sekolah Non Model/Imbas.

Narasumber pada kegiatan ini adalah anggota satgas Penjaminan Mutu Pendidikan dan unsur LPMP Sulawesi Tengah.

Melalui kegiatan Diseminasi Hasil Pemetaan Mutu ini hasil yang diharapkan adalah: 1) meningkatnya pemahaman peserta tentang  kebijakan Penjaminan Mutu Pendidikan, baik pusat maupun provinsi; 2) meningkatnya pemahaman peserta tentang hasil evaluasi pelaksanaan sekolah model; 3) meningkatnya pemahaman peserta tentang implementasi SPMI pada sekolah model dan sekolah imbas; 4) tersusunnya rencana tindak lanjut implementasi SPMI pada sekolah nonmodel/nonimbas dan disdik kab/kota.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *