Pendampingan Sekolah Model Tahun 2018

Sebagai lembaga yang bertugas melaksanakan penjaminan mutu dan memfasilitasi penjaminan dan peningkatan mutu pendidikan pada satuan pendidikan, LPMP Sulawesi Tengah menyelenggarakan kegiatan pendampingan sekolah model guna mengawal dan mendampingi sekolah dalam mengimplementasikan penjaminan mutu internal di satuan pendidikan khususnya pada sekolah model.

Maksud dari kegiatan pendampingan sekolah model adalah mengawal dan mendampingi sekolah dalam mengimplementasikan pemenuhan mutu dan penguatan bagaimana menjalankan pengelolaan yang ideal, bagaimana cara meningkatkan kualitas pengelolaan sekolah, serta bagaimana mengimplementasikan pembelajaran sekolah yang ideal dan meningkatkan kualitas pembelajaran.

Kegiatan pendampingan sekolah model ini bertujuan untuk: 1) membantu sekolah dalam pelaksanaan evaluasi diri sekolah untuk memetakan kondisi mutu sekolah; 2) membantu sekolah dalam menyusun perencanaan program peningkatan mutu sekolah dan reviu dokumen perencanaan sekolah; 3) mengarahkan sekolah untuk melaksanakan pemenuhan mutu berdasarkan skala prioritas sesuai dengan perencanaan program yang telah disusun; 4) membantu sekolah dalam menyusun instrumen monitoring dan evaluasi pelaksanaan pemenuhan mutu; 5) membantu sekolah dalam hal penyusunan laporan keuangan dana bantah sekolah model.

Pendampingan sekolah model dilaksanakan dalam 3 (tiga) tahap: tahap I dilaksanakan pada tanggal 13 s.d 14 Agustus 2018 bertempat di 6 (enam) kabupaten sebanyak 60 sekolah yaitu kabupaten Banggai, Banggai Laut, Morowali, Morowali Utara, Poso dan Buol.  Tahap II dilaksanakan pada tanggal 27 s.d 28 Agustus 2018 pada 50 sekolah yang ada di 5 (lima) kabupaten/kota, yaitu kota Palu, kabupaten Donggala, Parigi Moutong, Sigi dan Tolitoli. Tahap III dilaksanakan pada tanggal 4 s.d 5 September 2018 di 20 sekolah pada kabupaten Tojo Una-Una dan kabupaten Banggai Kepulauan.

Petugas pendamping pada kegiatan ini adalah unsur widyaiswara dan staf LPMP Sulawesi Tengah yang telah mendapatkan penguatan dalam kegiatan Bimbingan Teknis Fasilitator Daerah pada tahun 2016 dan 2017.

Kegiatan pendampingan sekolah model yang diselenggarakan oleh LPMP Sulawesi Tengah ini merupakan salah satu langkah dari serangkaian proses dalam penjaminan dan peningkatan mutu pendidikan. Dengan adanya kegaiatan ini diharapkan memberikan keterampilan kepada warga sekolah dalam melaksanakan penerapan sistem penjaminan mutu pendidikan guna mewujudkan terciptanya layanan pendidikan yang bermutu di seluruh sekolah di Provinsi Sulawesi Tengah.  Marnih Malkab

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *