Teknologi yang Mengubah Kehidupan Manusia

Pernahkan kamu merasakan gelap malam tanpa ada cahaya? Atau pergi jauh hanya dengan jalan kaki? Kegiatan tersebut memang pernah dilakukan oleh leluhur kita. Kehidupan yang benar-benar berbeda 180 derajat ini sudah lama kita tinggalkan. Berkat kerja keras para penemu, kehidupan semakin hari semakin baik.

Tidak lupa jasa para pengembang penemuan tersebut juga membuat teknologi tersebut semakin baik dan efisien di zaman sekarang ini. Bersyukur memang merupakan salah satu cara untuk menikmati kemajuan yang sudah ada ini. Tahukan kamu dari banyak penemuan yang sudah diciptakan oleh para penemu hebat tersebut, ada beberapa teknologi yang benar–benar mengubah kehidupan manusia.

Memang, awalnya dari penemuan tersebut pernah ada yang ditolak. Tapi kini teknologi tersebut sangat membantu manusia. Lalu apa saja teknologi yang pernah pengubah kehidupan manusia? Berikut adalah ulasan teknologi yang mengubah kehidupan manusia.

1. Listrik

penemuan

Apa jadinya televisi, radio, router, komputer, lampu, dan alat elektronik lainnnya tanpa adanya listrik. Mereka bukanlah apa-apa. Adanya listrik menjadi salah satu indikasi bahwa peradaban tersebut sudah maju atau belum. Listrik menjadi suatu komponen yang penting bagi dunia perindustrian, perkantoran, pemerintahan, bahkan pendidikan. Maka dari itu semua lapisan masyarakat apapun profesinya, membutuhkan listrik sebagai salah satu penopang kegiatannya. Jadi listrik benar-benar mengubah kehidupan manusia bukan?

2. Mobil

penemuan

Mobil adalah salah satu kendaraan yang hampir setiap orang memilikinya. Berbeda dengan zaman dahulu dimana hanya orang tertentu yang bisa memiliki mobil. Memang dari zaman dulu sampai sekarang orang–orang sangat ingin memiliki mobil pribadi. Tapi tahukah kamu pada tahun 1885 mobil pertama dibuat oleh Karl Benz.

Tapi, tidak semua orang bisa memilikinya. Hal ini membuat Henry Ford meningkatkan proses produksi sehingga mampu menekan harga produksi. Berawal dari sinilah banyak orang yang memiliki mobil dan pada akhirnya menggunakan mobil sebagai alat transportasi mereka. Maka dari itu wajah kota benar–benar berubah dari banyak pelajan kaki ke banyaknya mobil yang belalu lalang. Berkat adanya mobil ini pun, tiap jalan dirancang agar mudah dilalui mobil.

3. Telepon

penemuan

Telepon menjadi salah satu teknologi yang mengubah dunia, karena kini orang tidak perlu lagi menunggu lama mendapatkan surat dari kerabat mereka. Bayangkan saja jika Alexander Graham Bell tidak menemukan alat ini. Kita hingga saat ini mungkin masih menggunakan sistem surat menyurat untuk mendapatkan kabar dari keluarga, teman, atau kerabat lain yang jauh dari kita. Memang Perkembangan telepon kini benar–benar luar biasa. Dahulu menggunakan kabel, kini sudah tidak menggunakan kabel. Namun tetap saja sebuah telepon sudah mengubah kehidupan manusia.

4. Internet

penemuan

Apa jadinya kehidupan kita sekarang ini tanpa adanya intenet? Tidak bisa chatting, main game online, menonton video di youtube, bahkan kamu juga tidak bisa membaca artikel ini. Seakan internet menjadi salah satu kebutuhan pokok manusia. Adanya internet tidak hanya untuk kebutuhan pribadi saja, namun dunia pemerintahan, pendidikan, perindustrian pun juga membutuhkan intenet. Sebagai contoh pastinya banyak sekolahan sudah memberi fasilitas internet untuk siswanya. Begitu pula perkantoran juga menggunakan internet sebagai salah satu fasilitas untuk para karyawannya. Sehingga dengan adanya internet kehidupan manusia terbantu berkat kehadirannya.

Baca juga: Tak Disangka, 5 Penemuan NASA Ini dipakai dalam Kehidupan Sehari-hari

5. Komputer

penemuan

Awal terciptanya komputer memang menjadi suatu penemuan yang besar. Tapi jangan dibayangkan komputer yang diciptakan pada zaman awal sama dengan komputer yang kini kita miliki. Dahulu ukuran komputer benar-benar besar. Kini komputer pun sudah berubah menjadi laptop yang mudah dibawa kemana–mana. Komputer dulu digunakan untuk menyelesaikan tugas perhitungan dan kini segala sesuatu bisa dikerjakan komputer. Bayangkan saja, dulu menulis dokumen hanya menggunakan tulisan tangan atau mesin ketik. Tapi kini kita bisa mengetik dokumen berlembar-lembar dan dengan mudah mengoreksinya.

Sekarang pastinya kamu sudah tahu teknologi apa saja yang pernah mengubah kehidupan kita. Berkat kerja keras para penemu, kehidupan kita menjadi lebih mudah. Tapi perlu diingat, suatu kemajuan teknologi tidak pernah berhenti. Teknologi akan selalu berkembang dan terus berkembang tiada hentinya.

Jangan pernah malu dengan mimpimu, terus berusaha hingga mimpimu tercapai. Mengapa? Karena semua penemu hebat tersebut, bisa membuat teknologi hebat tersebut karena mimpi mereka. Pada akhirnya mimpi mereka pun menjadi teknologi yang hebat dan membantu peradaban manusia. Sebagai contoh Thomas Alva Edison yang pernah menenukan lampu pijar yang rupanya takut dengan kegelapan.

Mimpi untuk membuat suatu alat penerangan pun diciptakannya. Bahkan hingga saat ini menjadi sesuatu yang hebat dan bisa menerangi kegelapan di malam hari. Jadi teruslah bermimpi dan capai mimpimu. Siapa tahu justru kamulah orang selanjutnya yang membuat teknologi yang mengubah kehidupan manusia.

editor: Nimas Arini

sumber :https://www.shopback.co.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *