KONSINYASI PROGRAM TAHUN 2018

EVALUASI KEGIATAN TAHUN 2017 DAN KONSINYASI PROGRAM TAHUN 2018

Sesuai dengan Permendikbud Nomor 14 Tahun 2015 tentang Organisasi dan Tata Kerja LPMP, tugas LPMP adalah melaksanakan penjaminan mutu pendidikan dasar dan pendidikan menengah di provinsi berdasarkan kebijakan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan.
LPMP Sulawesi Tengah sebagai Unit Pelaksana Teknis Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah dan sebagai salah satu lembaga yang bertanggung jawab dalam dunia pendidikan maka harus merancang dan merencanakan kegiatan yang mendukung tujuan dan arah pembangunan pendidikan. Berdasarkan dari tugas tersebut maka LPMP akan melaksanakan program tersebut sesuai Tugas Pokok dan Fungsinya pada tahun 2018, menindaklanjuti hal tersebut maka diadakan kegiatan internal berupa Evaluasi Kegiatan tahun 2017 dan Konsinyasi Program tahun 2018 yang akan dilanjutkan dengan penandatanganan Perjanjian Kinerja Eselon IV yang diharapkan dapat menunjang kinerja tahun 2018.
Tujuan dari pelaksanaan kegiatan ini adalah: 1) peserta dapat mengetahui masalah dan kendala yang terjadi dalam pelaksanaan program tahun 2017; 2) peserta mampu menyusun juklak/juknis/panduan kegiatan tahun 2018; 3) menyusun jadwal pelaksanaan program dan anggaran tahun 2018; dan 4) penandatanganan perjanjian kinerja unit kerja.
Kegiatan ini dilaksanakan selama 3 (tiga) hari, mulai pada tanggal 18 sampai tanggal 20 Januari 2018 di LPMP Sulawesi Tengah.
Kegiatan evaluasi kegiatan tahun 2017 dan konsinyiasi program tahun 2018 dibuka oleh kepala LPMP Sulawesi Tengah, bapak H. Muhammad Askari, SH., M. Si., dan dihadiri para pejabat struktural di lingkungan LPMP Sulawesi tengah dan koordinator widyaiswara. Pada kesempatan tersebut kepala LPMP memberikan arahan kepada peserta bahwa kegiatan ini output-nya adalah evaluasi program kerja tahun 2017, apa yang menjadi permasalahan dan hambatan pada tahun 2017 pada setiap seksi, dan kita mencari apa yang menjadi solusinya. Ditambahkannya lagi bahwa arahan dari pak dirjen kita dituntut untuk menyelesaikan implementasi K13 di tahun 2018 ini. Pada kesempatan ini juga kepala LPMP mengingatkan bahwa pengiriman data PMP tahun 2017 untuk Sulawesi Tengah berada pada urutan 20 untuk itu tugas kita adalah bagaimana agar pengiriman data tahun 2018 bisa naik ke posisi atas. Dan pada akhir pengarahannya, kepala LPMP menghimbau agar tahun ini tetap mengerjakan kegiatan pendukung di samping kegiatan inti tapi jangan mengerjakan pada akhir tahun [bulan Desember], usahakan kegiatan pendukung ini dilaksanakan sebelum akhir tahun.
Narasumber pada kegiatan ini adalah Kepala bagian perencanaan dan anggaran Setditjen Dikdasmen Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Kepala LPMP Sulawesi Tengah, Kasubag dan Kasi di lingkungan LPMP Sulawesi Tengah.
Peserta pada kegiatan ini adalah pejabat struktural LPMP, widyaiswara LPMP, dan staf LPMP sebanyak 50 orang.
Hasil yang diharapkan dari kegiatan dari kegiatan ini adalah: 1) adanya solusi penyelesaian masalah dan kendala; 2) adanya juklak/juknis/panduan kegiatan tahun 2018; 3) adanya jadwal pelaksanaan program dan anggaran tahun 2018; dan 4) adanya perjanjian kinerja unit kerja di lingkungan LPMP Sulawesi Tengah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *