Rapat Anggota Tahunan (RAT) KPRI Biru LPMP Sulawesi Tengah Tahun Buku 2016

Dasar pelaksanaan RAT tahun buku 2016 adalah Undang-Undang No. 25 tahun 1992 tentang perkoperasian Bab VI Pasal 22 dan 30, dan anggaran dasar KPRI Biru.

Maksud dan tujuan diadakannya RAT ini adalah membahas dan mengesahkan laporan pertanggungjawaban pengurus tahun buku 2016, rencana kerja, pendapatan dan belanja KPRI Biru tahun 2017.

Peserta Rapat Anggota Tahunan (RAT) adalah anggota KPRI Biru yang telah terdaftar dalam buku daftar anggota koperasi. RAT tahun buku 2016 dilaksanakan pada tanggal 19 Januari 2017 yang bertempat di Gedung Nusantara LPMP Sulawesi Tengah.

Laporan dari ketua KPRI Biru bapak Drs. Abdul Gani, M. Si., dalam laporannya mengatakan bahwa yang diolah oleh KPRI Biru adalah simpan pinjam, toserba, catering, travel, dan pengadaan dan pengembangan usaha tapi pengadaan dan pengembangan usaha masih dalam tahap perencanaan.

Dalam laporannya dikemukakan bahwa langkah-langkah kebijakan pengurus tahun buku 2016 adalah: 1) Bidang Organisasi, antara lain: a) Keanggotaan; b) Pembinaan dan Pengembangan Organisasi; dan 3) Kepengurusan; 2) Bidang Usaha dan Manajemen, unit usaha antara lain: a) simpan pinjam; 2) bidang catering; 3) bidang usaha travel; dan 4) toserba.

Rencana kerja KPRI Biru tahun 2017 masih fokus pada pembenahan organisasi dan manajemen serta mengoptimalkan unit-unit usaha yang sudah ada. Pengoptimalan unit-unit usaha tersebut didasarkan

Kepala LPMP Sulawesi Tengah, bapak H. Muhammad Askari, SH., M. Si., dalam sambutannya mengatakan RAT adalah merupakan suatu kekuasaan tertinggi dalam kehidupan berkoperasi, segala macam persoalan dipecahkan dalam rapat tahunan ini. Dalam organisasi koperasi harus 3 S, yaitu: 1) sehat organisasi; 2) sehat pengurus; dan 3) sehat anggota.

Pada RAT tahun ini dihadiri oleh Dinas Perindakop kota Palu, pada kesempatan ini dihadiri oleh sekertaris Perindakop kota Palu, bapak Ir. Mahyudin, MM. Dalam sambutannya menegaskan bahwa program dana sosial KPRI Biru perlu dibuatkan pedoman penggunaannya, ini berguna ketika ada teman-teman yang bisa bantu.

Pada pelaksanaan RAT tahun 2017 ini, pengurus koperasi memberikan door prize kepada anggota koperasi dengan berbagai kategori, diantaranya kategori pengurus terlama, penyimpan sukarela terbesar, pembelanja tiket terbanyak, pembelanja waserda terbanyak, pembelanja pulsa terbanyak, dan anggota hadir paling cepat pada waktu rapat. *Marnih Malkab

One Comment on “Rapat Anggota Tahunan (RAT) KPRI Biru LPMP Sulawesi Tengah Tahun Buku 2016”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *