Rakor Implementasi Kurikulum 2013 untuk Jenjang SD, SMP, SMA dan SMK

Salah satu upaya pemerintah dalam meningkatkan kualitas pendidikan nasional adalah melakukan pengembangan kurikulum yang berakar pada budaya bangsa, kehidupan bangsa masa kini, dan kehidupan bangsa di masa mendatang. Pada tahun 2013 pemerintah mengambil kebijakan untuk menerapkan kurikulum 2013 sebagai pengganti KTSP. Peran guru, kepala sekolah dan pengawas sekolah sangat penting bagi keberhasilan penerapan Kurikulum 2013.

Pelaksanaan implementasi Kurikulum 2013 tahun 2017 pada satuan pendidikan memerlukan pengelolaan dan koordinasi yang baik antara Pemerintah Pusat, Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan (LPMP), Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi/Kota/Kabupaten agar dapat berjalan dan memperoleh hasil yang maksimal.

Berdasarkan hal tersebut di atas, maka Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan (LPMP) Sulawesi Tengah melaksanakan Rapat Koordinasi dengan pejabat dari Dinas Pendidikan Provinsi/Kabupaten/Kota yang merupakan langkah dalam mempersiapkan pelaksanaan implementasi Kurikulum 2013 tahun 2017.

Tujuan dilaksanakannya rapat koordinasi persiapan implementasi Kurikulum 2013 tahun 2017 adalah: 1) melakukan koordinasi dengan pejabat Dinas Pendidikan dan Kebudayaan dalam pelaksanaan Bimtek Kurikulum 2013 di tiap kabupaten/kota se provinsi Sulawesi Tengah; 2) melaksanakan verifikasi dengan pejabat Dinas Pendidikan dan Kebudayaan tentang data calon peserta penyegaran Instruktur Kabupaten (IK) yang akan menjadi fasilitator di sekolah sasaran kurikulum 2013 dari jenjang SD, SMP, SMA, dan SMK; 3) melaksanakan verifikasi dengan pejabat Dinas Pendidikan dan Kebudayaan tentang data sekolah/guru pelaksana implementasi kurikulum 2013 dari jenjang SD, SMP, SMA, dan SMK; 4) melaksanakan verifikasi dengan pejabat Dinas Pendidikan dan Kebudayaan tentang data sekolah induk klaster implementasi kurikulum 2013 dari jenjang SD, SMP, SMA, dan SMK; 5) melaksanakan verifikasi dengan pejabat Dinas Pendidikan dan Kebudayaan tentang data sekolah penerima Bantah dan pendampingan implementasi kurikulum 2013dari jenjang SD, SMP, SMA, dan SMK; 6) melakukan verifikasi dengan pejabat Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota tentang sekolah tempat kegiatan pelaksanaan Bimtek Kurikulum 2013 dari jenjang SD, SMP, SMA, dan SMK.

Kegiatan Rapat Koordinasi persiapan implementasi kurikulum 2013 ini dilaksanakan pada tanggal 21 s.d. 23 Maret 2017 di Hotel Swiss Bell, jalan Malonda No. 12 Silae, Palu. Peserta yang terlibat dalam kegiatan ini adalah pejabat Dinas Pendidikan yang berasal dari 13 kabupaten/kota se-provinsi Sulawesi Tengah sebanyak 47 orang.

Narasumber pada kegiatan rakor ini adalah unsur Ditjen Dikdasmen, Kepala LPMP Sulawesi Tengah, Penanggung jawab RKAKL, PPK, Pengelola Data Kurikulum 2013 jenjang SD, SMP, SMA, dan SMK.

Kegiatan ini dibuka secara resmi oleh kepala Dinas Pendidikan Provinsi Sulawesi Tengah, dan dihadiri oleh satgas PMP, kepala LPMP Sulawesi Tengah beserta pejabat struktural dalam lingkup LPMP. Pada kesempatan tersebut kepala Dinas Pendidikan Provinsi Sulawesi Tengah, Drs. H. Irwan Lahace, M. Si, menyampaikan kepada peserta bahwa pendidikan tidak boleh diartikan secara parsial tapi harus secara holistik. Manajemen yang kita pakai untuk membangun manajemen pendidikan adalah manajemen rumah tangga, semua permasalahan yang kita hadapi diselesaikan dalam kamar saja. Manajemen pendidikan ini sangat rumit sekali, maka hendaknya kita menggunakan manajemen rumah tangga.

Pemateri dari Direktorat Pendidikan Dasar dan Menengah, dalam hal ini di wakili oleh Bapak Yudistira W. Widiaksana. Pada kesempatan tersebut disampaikan tentang bagaimana kebijakan tentang penganggaran implementasi kurikulum 2013 pada jenjang SD, SMP, SMA, dan SMK untuk tahun 2017. Penambahan jumlah sekolah sasaran dari tahun 2016 ke tahun 2017 sebanyak 35 %. Untuk Sulawesi Tengah pada tahun 2017 sebanyak 1453 sekolah, dengan rincian SD sebanyak 1016 sekolah, SMP sebanyak 303 sekolah, SMA sebanyak 72 sekolah, dan SMK sebanyak 62 sekolah. *Marnih Malkab

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *