LPMP Sulawesi Tengah ditunjuk sebagai Sekretariat Penilaian Angka Kredit Guru

Dalam rangka percepatan serta peningkatan pelayanan kepegawaian khususnya penilaian dan penetapan angka kredit jabatan fungsional Guru golongan ruang IV/b ke atas yang menjadi kewenangan Tim Penilai Pusat, maka dipandang perlu membentuk sekretariat Tim Penilai Pusat yang berkedudukan di Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan (LPMP). LPMP merupakan unit pelaksana teknis atau kepanjangan tangan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan yang akan diberdayakan keberadaannya sebagai tempat pelaksanaan penilaian angka kredit bagi guru di provinsi tersebut.

Guru adalah Pegawai Negeri Sipil yang memangku jabatan fungsional. Pada setiap jabatan fungsional, pegawai dinilai prestasi kerjanya berdasarkan angka kredit yang dipersyaratkan untuk kenaikan pangkat setingkat lebih tinggi. Penilaian prestasi kerja guru, yang ditandai dengan pemberian angka kredit pada setiap kegiatan yang telah dilakukan, dilaksanakan oleh Tim Penilai Angka Kredit. Tim penilai ini sudah memiliki sertifikat sebagai anggota tim penilai berdasarkan pada keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan.

Jabatan Fungsional Guru dan Angka Kreditnya diatur dalam Peraturan Menteri Negara Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Permenegpan dan RB) Nomor 16 Tahun 2009 tentang Jabatan Fungsional Guru dan Angka Kreditnya. Berdasarkan amanat dalam Permenegpan dan RB tersebut, tim penilai angka kredit dibantu oleh sekretariat tim penilai yang dibentuk mulai dari tingkat pusat sampai daerah.

Bagi guru yang ingin mengusulkan kenaikan golongan ruang ke IV/b ke atas dapat mengirimkan berkasnya melalui kantor pos ke PO BOX khusus. Adapun alamat PO BOX Pengusulan Penilaian Angka Kredit Jabatan Fungsional Guru Madya, Pangkat Pembina TK. I, Golongan Ruang IV/b ke atas ditujukan ke alamat: u.p. Kepala LPMP Sulawesi Tengah, PO BOX 333 Palu 94001. LPMP Sulawesi Tengah memfasilitasi penerimaan dokumen berkas usul penilaian dan penetapan angka kredit mulai tanggal 15 Januari 2017. *Marnih Malkab

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *