LPMP Sulawesi Tengah Melaksanakan in House Training

Aparatur Sipil Negara sebagai Sumber Daya Manusia (SDM) merupakan aset utama yang mempunyai peran penting bagi kelangsungan hidup suatu organisasi. Oleh karena itu untuk kelancaran dalam pengelolaan organisasi diperlukan sumber daya yang handal yang dapat menjalankan roda organisasi. Sehubungan hal tersebut perlu peningkatan kapasitas, yaitu meningkatkan dan mengembangkan baik potensi maupun kompetensi setiap personil dalam menghadapi tantangan di masa yang akan datang.

Selain itu, adanya agenda reformasi birokrasi internal Kemdikbud menuntut organisasi untuk melaksanakan penataan pegawai berbasis kompetensi sebagaimana diatur dalam Permendikbud No. 7 Tahun 2013. Ini berarti diperlukan suatu pola pendekatan dalam membangun suatu sistem manajemen sumber daya manusia handal dengan memanfaatkan kompetensi sebagai titik sentralnya. Pola pendekatan yang dilakukan harus menunjukkan bahwa kompetensi ini dapat memberikan arahan langsung baik pegawai maupun institusi dalam mengambil kebijakan pengembangan.

Oleh karena peran dan fungsi SDM sangat vital, selayaknyalah SDM suatu organisasi memiliki kompetensi dan kapasitas yang memadai untuk menjalankan tugas yang dibebankan kepadanya. Sadar akan tuntutan tersebut, Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan (LPMP) sebagai Pelaksana Teknis Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan yang mempunyai tugas melaksanakan penjaminan mutu pendidikan jenjang dasar dan menengah di daerah berdasarkan kebijakan nasional terus berupaya meningkatkan kapasitas SDM-nya. Kali ini, LPMP Sulawesi Tengah melaksanakan peningkatan kompetensi pegawai melalui In House Training (IHT) bagi seluruh pegawai untuk meningkatkan kesadaran terhadap peran yang diemban oleh setiap pegawai untuk pencapaian tujuan bersama.

Kegiatan IHT tersebut dilaksanakan selama tiga hari, yaitu mulai tanggal 24 s.d. 26 Februari  2017 di Tora Vega Cottage, Tanjung Karang, Kabupaten Donggala, Sulawesi Tengah. Tempat ini dipilih, karena memiliki lokasi dan sarana outbond yang memadai. Peserta pada kegiatan ini sebanyak 100 orang yang terdiri dari pejabat struktural, fungsional umum, widyaiswara LPMP Sulawesi Tengah, honorer di lingkungan LPMP Sulawesi Tengah, pelaksana pada Dinas Pendidikan Provinsi Sulawesi Tengah, Dinas Pendidikan Kota Palu, Dinas Pendidikan Kabupaten Donggala, dan Balai Bahasa Provinsi Sulawesi Tengah. .

Tujuan dari kegiatan ini adalah: 1) mengembangkan kualitas kepribadian pegawai dalam membangun semangat kebersamaan dan kekeluargaan di lingkungan LPMP Sulawesi Tengah; 2) menciptakan iklim kerja sama dan sinergi melalui kesadaran peran masing-masing dalam melakukan aktivitas di lingkungan LPMP Sulawesi Tengah; dan 3) menumbuhkan kembali semangat untuk bekerja secara giat sesuai dengan peran tugas dan tanggung jawab sehingga diharapkan terjadinya peningkatan kualitas kinerja pegawai.

Kegiatan peningkatan kompetensi SDM ini dibuka oleh kepala LPMP Sulawesi Tengah, H. Muh. Askari, SH., M.Si. dan dihadiri oleh pejabat struktural lainnya di lingkungan LPMP Sulawesi Tengah. Dalam pengarahannya saat pembukaan kegiatan, H. Muh. Askari, M.Si. mengatakan bahwa dalam pelaksanaan IHT tahun ini ada dua (2) strategi yang bisa dilaksanakan, yaitu: 1) menempah ke dalam berbagai teori, dan 2) dalam implementasinya dalam hal pengendalian diri diwujudkan dalam outbond. Lebih ditegaskan lagi bahwa dalam kegiatan ini sangat dibutuhkan interaksi antar peserta, saling sharing informasi dalam hal pelaksanaan kegiatan, kendala-kendala atau masalah yang dihadapi dipecahkan bersama dan intinya adalah mempererat tali persaudaraan sesama pegawai LPMP Sulawesi Tengah dan meningkatkan motivasi dalam berbagai hal.

Nasumber atau instruktur pada kegiatan ini adalah Kepala LPMP Sulawesi Tengah dan Tim Jasmani Korem 132 Tadulako dan Taruna Siaga Bencana (Tagana) dengan materi antara lain, dinamika kelompok, ketangkasan, dan kerja sama tim. Seluruh permainan dapat berjalan dengan baik, terlihat keakraban antar peserta tanpa memandang jabatan. Seluruh peserta mengikuti kegiatan dengan antusias dan berharap pada tahun depan kegiatan semacam ini tetap diprogramkan.

One Comment on “LPMP Sulawesi Tengah Melaksanakan in House Training”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *